Selasa, 08 Oktober 2019

Budidaya Tanaman Sawi Sistem Hidroponik



Kalau mendengar kata pertanian,,,, terkadang kita mikir niiii,pertanian itu adalah salah satu pekerjaan yang sangat rendah,,,,pernah mikir gitu gak siii ,?? Karna sebagai mana yang kita tahu,, zaman sekarang orang banyak yang menginginkan pekerjaan yang mewah dan di bawa Merk AC terbaikk,,,,,tapi pernah tahu gak siii pertanian itu lebih good dari yang lainnya,, kenapa monik katakan seperti itu,,,.. kalau kita belajar lagi tentang pertanian dan memiliki hobby untuk menanamnya, mungkin saja hutan yang ada di Indonesia ini sudah bersih dan indah akan sayuran dan buah yang sehatttt,,,,,,,

           
           Langsung aja ya kuyy,,, monik ini siswi pertanian tetap jurusan ATPH ( agribisnis tanaman pangan dan holtikultura ),,,,, dijurusan monik ini,, monik mempelajari tentang sayuran yang sehatttt tanpa bahan kimia,,,mengenal banyak alam yang luas  yang berkaitan dengan dunia pertanian,,,,,dan apabila monik sudah tamat,,,monik bisa bekerja sendiri tanpa harus mondar mandir mencari pekerjaan,,,, ada yang tau kenapa,,???

Mari kita jawab , karena monic bisa memanfaatkan lahan yang kecil,,menjadi pundi-pundi uang yang cukup besar,,,selain menanam ditanah,kita juga bisa melakukan penanaman di pipa air atau yang lebih di kenal dengan Bahasa HIDROPONIK,,,,,,,,!! Sistem ini sudah monik jalankan disekolah bersama taman-teman,,,salah satu sayuran yang monik tanam adalah sawi..

Di Indonesia ketika kita menyebutkan kata sawi biasanya mengacuh pada sawi hijau.
sebagai mana yang kita tau,,,, sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga brassica,  sawi juga terbagi menjadi beberapa jenis,,dan sawi yang monik kembangkan adalah sawi hijau,,,,sawi ini merupakan jenis sawi yang sangat populer kami budidayangakan disekolah,,,,mengapa,?? Karna dia unik,, memiliki batang yang pendek,, daun yang berwarna keputih-putihan dan memiki rasa yang agak sedikit pahitt,,,

 Tanaman sawi ini kami budidayakan menggunakan sistem hidroponik,,,karena saat ini bertanam menggunakan cara hidroponik sangat populer di kalangan petani berdasi bahkan masyarakat. Hidroponik ini merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air  dan tanpa menggunakan media tanah, dengan menekan pada pemenuhan kebutukan nutrisi bagi tanaman.

Bertanam sayur sawi dengan menggunakan cara Hidroponik dapat memudahkan kita dalam memelihara dan merawat tanaman. Selain itu tanaman yang menggukan cara hidroponik umumnya tahan terhadap serangan hama dan penyakit . serta cenderung memiliki produktifitas yang relatif lebih tinggi di bandingkan dengan tanaman yang ditanam menggunakan tanah.

            Untuk membudidayakan tanaman Hidroponik Sawi yang perlu kita lakukan terlebih dahulu yaitu meyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan . Alat dan bahan tersebut mudah ditemukan disekitar kita seperti botol plastik bekas ,gunting/pisau,gelas plasik bekas,kain sebagai sumbu atau sebaik nya menggunakan kain panel,dan yang terakhir nutrisi hidroponik dan media tanam. Untuk media tanam kita dapat menggunakan arang sekam , spons, rockwool, serabut kelapa, pasir, serbuk kayu dan lain sebagainya.Media tanam ini merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki dan dipenuhi sebelum bercocok tanam dengan cara Hidroponik.
           
            Sebelum kita melakukan penanaman , kita harus dapat memilih benih dengan prosese penyemaian atau pembibitan. Tujuannya untuk menyeleksi bibit yang bagus yang tumbuh dengan optimal. Dalam proses penyemaian ini sebaik nya kita memilih media menyerap air dengan baik, kemudian sebarkan 1-2 benih sawi  pada setiap lubang dan beri air sedikit. Kemudian letakkan ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tunggu sampai berkecambah, kemudian setelah berkecambah pindahkan ke tempat yang lebih terang.
           
                Ketika sudah tumbuh 1-2 daun kemudian pindahkan ke media tanam yang sebenarnya          ( yang sudah kita siapkan sebelumnya ) angkat dengan hati-hati dan jangan sampai merusak akar tananam

            Selanjutnya lakukanlah perawatan nutrisi tanaman agara tanaman tidak kekurangan nutrisi. Rawat tananam sebaik mungkin agar menghasilkan kualitas tanaman yang bagus. Bertanam secara hidroponik dapat membuat tananam menjadi lebih cepat tumbuh. Selain itu juga mudah dalam perawatannya dan sangat cocok untuk orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanama. Cocok juga untuk orang ynag tidak memiliki lahan yang luas.

            Teknik ini dapat menjadi solusi untuk kita yang mau menanam sawi tetapi tidak memiliki lahan yang luas. Kita juga dapat memanfaatkan halaman rumah untuk membuat hidroponik sawi. Selanjutnya kita dapat mengatur sendiri tata letaknya, sehingga rumh kita akan terlihat sejuk dan indah ketika dipandang.

            Jidi dari cara Hidroponik ini kita juga bisa menjadi petani yang unggul berbasis teknologi!
                       
Jadi Kapan Mau Mencoba??
Sekian Dulu Yaaaa,,,,,,
Jngan Lupa Senyum Hari Ini…
Salam petani berdasi,,,,!!!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar